Saturday, October 16, 2010

struktur dan letak DNA

DNA berfunngsi sebagai bahan genetik untuk sel, baik prokariotik maupun eukariotik . karena prokariotik tidak memiliki membran internal,DNA tidak dipisahkan dari isi sel lainnya pada eukariotik DNA terletak di inti, dipisahkan dari sitoplasma oleh selubung inti.
DNA eukariotik terkait ke protein ,membentuk satu komplek yang di kenal sebagai kromatin. selama interfase (sewaktu-waktu sel tidak membelah) kromatin dapat berbentuk padat (heterokromatin) atau difus (eukromatin), tetapi tidak dapat di amati adanya struktur yang jelas .namun ,selama mitosis (saat sel berada dalam proses membelah) , kromatin memadat bentuk kromosom yang padat dilihat dan mempunyai ciri tersendiri, masing masing terdiri dari dua kromatif bersaudara (sistes kromatids) identik yang disatukan di regio sentromer.
mitokondria mengandung DNA, namun dalam jumlah yang sangat sedikit (kurang dari 0,1 % DNA total dalam sel rata-rata.
mitokondria sel eukariotik serupa dengan sel prokariotik. sistem membentik protein dan DNA dalam mitokondria lebih mirip dengan sistem dalam bakteri dari pada dengan sitoplasma eukaritik diperkirakan bahwa mitokondria berada dari penyerbu bakteri zaman purba dari sel eukariotik primordial.
banyak virus juga mengandung DNA sebagai bahan genetiknya.namun pada virus tidak terdapat sistem untuk replikasi transaksi dan trensesi sehingga virus harus menyerbu masuk kedalam sel lain dan menyita perangkat yang mensintesis DNA, RNA dan protein agar dapat berkembang biak.virus dapat menginfeksi eukariotik dan prokariotik.Virus yang menginfeksikan bakteri dikenal dengan bakteriofage ( atau singkatan fage).

No comments:

Post a Comment

Post a Comment